Yuk Bikin Keramik...

Minggu, 7 Maret 2010 | 12:22 WIB
Icha rastika
Salah satu hasil seni rupa yang dipamerkan di museum seni rupa dan keramik Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin mencoba membuat keramik? Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta, tidak hanya memamerkan karya seni rupa dan keramik tempo dulu namun juga memberi kesempatan pengunjung untuk membuat keramik di sana.

Terlihat saat jelajah kota tua, Minggu (7/3/2010) beberapa orang remaja berkreasi dengan tanah liat di tangannya. Salah satu dari mereka berhasil membuat sebuah mangkuk keramik kecil.

Menurut keterangan petugas museum, belajar membuat keramik di museum seni rupa dan keramik dikenai biaya Rp 20.000 per orang untuk yang datang bersama rombongan yang lebih dari 20 orang. Jika anda tidak berombongan, maka dikenakan biaya Rp 25.000 untuk mendapat bahan percobaan.

Selain mendapat bahan tanah liat, seorang guru pembuat keramik akan mengarahkan pengunjuk yang ingin belajar membuat keramik. Selain itu, menurut petugas museum, pengunjung dapat membawa pulang keramik buatan tangannya tersebut. Jika tak berniat mencoba membuat keramik, pengunjung hanya dikenakan harga tiket Rp 1.000.

Bangunan Museum seni rupa dan keramik yang berada di kawasan wisata kota tua itu berdiri sejak 1870. "Bangunan ini awalnya kantor pengadilan. Beralih fungsi jadi asrama tentara buatan Belanda, KNIL, lalu jadi kantor walikota, dan akhirnya dialihfungsikan jadi museum oleh gubernur DKI Ali Sadikin," kata seorang pemandu jelajah kota tua, Ega, di museum keramik dan seni rupa Jakarta, Minggu.

Terlihat di lantai dasar museum seni rupa dan keramik, ratusan keramik tanah liat tempo dulu terpampang di dalam lemari kaca. Sedangkan di dinding museum dipamerkan lukisan-lukisan karya seni pelukis terkenal tempo dulu seperti karya seniman Raden Saleh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Yuk Bikin Keramik..."

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini