Sisa Sampah Mauludan Menumpuk

Laporan wartawan KOMPAS Timbuktu Harthana
Minggu, 28 Februari 2010 | 22:10 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Pasar malam yang berlangsung selama sebulan di sekitar dan dalam Keraton Kasepuhan, Kanoman, dan Kacirebonan, Kota Cirebon, menyisakan tumpukan sampah. Diperkirakan jumlahnya mencapai 100 meter kubik.

Tumpukan sampah itu berserakan di sepanjang Jalan Kasepuhan, Ariodinoto, Lemah Wungkuk, serta jalan di sekeliling Alun-alun Keraton Kasepuhan. Demikian pula di dalam pekarang keraton, sampahnya merusak pemandangan. Sejumlah petugas kebersihan dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cirebon terlihat membersihkan sampah itu sepanjang Minggu (28/2/2010).

Kepala Seksi Sapuan Jalan dan Selokan DKP Kota Cirebon Ahmad Hafid mengatakan, sampah di sekitar Keraton Kasepuhan berkisar 80 kubik. Sedangkan total sampah sisa pasar malam di sekitar keraton diperkirakan mencapai 100 kubik. Setidaknya, butuh waktu 3-5 hari membersihkannya.

"Setiap tahun, jumlah sampah sisa Mauludan semakin banyak. Itu karena pedagang dan orang yang datang ke pasar malam ini juga terus bertambah," ujar Hafid.

Sampah-sampah sisa pasar malam Mauludan berkisar 20 persen dari produksi sampah harian di Kota Cirebon sebanyak 400 kubik per hari. Jenis sampah yang ada kebanyakan adalah plastik dan sisa makanan. Adapun penyumbang sampah paling banyak di kota ini adalah pasar tradisional, berkisar 25 persen per hari.

Beberapa pengunjung Keraton Kasepuhan yang datang sempat mengeluhkan menumpuknya sampah tersebut. Meski pasar malam berakhir Sabtu (27/2/2010) pagi hari, pembersihan sampah baru dilakukan Minggu pagi. Lambatnya pedagang mengepak barang dan lapaknya, menyebabkan sampah menumpuk sehari tanpa diangkut oleh petugas DKP Kota Cirebon.

Selain itu, ratusan pedagang di pasar malam sejak awal tidak diajak mengelola sampah yang mereka hasilkan. Akibatnya, setelah pasar malam bubar, sampah berserakan dan menumpuk di sudut-sudut jalan.

Untuk membersihkan sampah di sekit ar Keraton Kasepun dan Kacirebonan, DKP menyiapkan dua truk sampah, tiga motor pengangkut sampah serta belasan petugas kebersihan. Sementara di Keraton Kanoman, sampah dibersihkan petugas kebersihan dari PD Pasar Kanoman.

http://regional.kompas.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Sisa Sampah Mauludan Menumpuk"

Poskan Komentar

Beri komentar pada blog ini