Digelar Pameran Seni Kriya di Taman Budaya Riau

Selasa, 16 Pebruari 2010 17:16
Sebuah pameran seni kriya digelar di Taman Budaya Provinsi Riau. Kegiatan yang akan berlangsung tiga hari tersebut menarik dijadikan agenda kegiatan pribadi dan keluarga.

Riauterkini-PEKANBARU- Bertempat di Gedung Olahseni Taman Budaya Provinsi Riau digelar Pameran Seni Kriya. Kegiatan yang menjadi pembuka dari 34 agenda yang dimiliki Taman Budaya Riau sepanjang 2010 tersebut permbukannya dilakukan istri Wakil Gubernur Riau Maulida Mambang Mit yang merupakan Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Riau, Selasa (16/2/10). Dijadwalkan pameran berlangsung hingga 19 Februari mendatang.

Dalam pameran yang menampilkan berbagai hasil kreasi seni kriya tersebut tak sekedar diikuti peserta dari Riau, tapi juga turut ambil bagian Jurusan Seni Kriya Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Sumatera Barat. Sementara peserta domestik terdiri dari Dekranasda Riau, SMKN 4 Pekanbaru dan sejumlah sekolah, baik SMP maupun SMA di Pekanbaru.

Peresmian pembukaan pameran tersebut ditandai dengan pemotong pita oleh Maulida didampigi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau Joni Irwan, Kepala Taman Budaya Riau OK Pulsamitra dan Ketua Jurusan ISI Padang Panjang Purwono Prihatin. Sebelumnya, seremoni pembukaanya diisi dengan penyampaian kata sambutan oleh OK Pulsamitra, Purwono Prihatin dan Maulida Mambang Mit.

Setelah pemotongna pita, dilanjutkan dengan peninjauan stand. Ratusan item hasil senin kriya dipajang untuk dinikmati nilai estetikanya. Maulida yang didampingi Joni Irwan dan Purwono nampak sangat menikmati benda-benda seni kriya yang ambil bagian dalam pameran tersebut.

Ada miniatur kapal dari kayu, ada ukiran kayu untuk hiasan dindin, ada patung perunggu, keramik dan media lainnya yang dibentuk berbagai rupa. Jumlah item hasil seni kriya yang dipamerkan mencapai ratusan.

“Ini sangat menarik, dan diharapkan bisa menjadi pembangkit semangat bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan menggeluti seni kriya,” puji Maulida di sela-sela peninjauan.

Komentar Maulida tak berlebihan. Pameran seni kriya kali ini memang menarik untuk dijadikan salah satu agenda kegiatan, baik pribadi maupun kolektif. Terlebih pameran terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya alias gratis.***(mad)
http://www.riauterkini.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Digelar Pameran Seni Kriya di Taman Budaya Riau"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini