SEBUAH PERJUANGAN


Saya masih ingat benar ketika 1996 mulai merintis usaha kerajinan Lukisan Kaca Cirebon. Saat itu hanyalah sebuah tekad dan niat yang kuat mendasari lahirnya Sanggar Durian 19 Arts, masalah modal menjadi bagian kedua. Ada banyak permasalahan yang muncul dikemudian hari,namun satu persatu permasalahan tersebut dapat terhalau dengan ketekunan dan keseriusan.
Seperti apa sebenarnya kegiatan sanggar tersebut diawal kelahirannya? Yang saya ingat setiap hari selalu bergumul dengan penggalian metode dan teknik melukis diatas media kaca. Bahkan beberapa percobaan selalu dilakukan ketika menginginkan sebuah karya baru, penciptaan ide baru sangat membantu dalam penguasaan teknik melukis kaca. Sebut saja ketika dibenak tersirat membuat semburan api melatarbelakangi objek sebuah Wayang, secara otomatis ide tersebut dicoba diatas lembaran kaca dengan menaburkan kerikil batu keatas permukaan kaca. Dengan sedikit teknik menyemprot Phyloc dengan warna warni alhasil menghasilkan sebuah pemandangan background berupa semburat api yang menambah manis penampilan objek wayang tersebut.
Suatu kali terpikir juga bagaimana awan berarak menghiasi background Paksi kereta kencana yang terlihat mengawang diudara. Dan pada saat bersamaan mencoba rentangan tali rafia yang ditempatkan dipermukaan kaca, lagi-lagi warna warni phyloc dimainkan dengan sedikit ayunan tangan. Hasilnya ? Kereta nampak terbang diangkasa dengan background langit semarak berwarna warni. Wah indahnya.
Lalu mengapa hal ini disebut sebagai sebuah perjuangan ?
Tentu sebuah perjuangan ketika kita menciptakan sesuatu yang baru,perjuangan batin dan segenap pikiran yang terfokus pada objek lukisan yang ditampilkan. Tidaklah mudah untuk dilakukan pada awalnya, namun ketika mencoba berulangkali barulah hasilnya dapat dinikmati kemudian. Tentunya tergantung dari niat,tekad dan kesabaran serta ketekunan yang dituntut secara total.
Kini bagaimana kita sendiri untuk mampu menggali ide-ide baru dan inovasi baru, karena rasanya tanpa itu, mustahil sebuah karya lukisan kaca akan mampu menghadirkan
sesuatu yang monumental.
Coba tengok karya para master lukisan kaca seperti Toto Sunu, dalam setiap melahirkan karyanya selalu menghadirkan kekaguman bagi yang melihatnya. Kekaguman terhadap karyanya merupakan wujud nyata reaksi positif dan hal ini sangat jarang terjadi pada setiap pelukis kaca yang tidak inovatif. Percayalah hanya dengan terus berlatih,berlatih dan terus berusaha menggali inovasi baru, semuanya akan berakhir dengan hadirnya sesuatu yang baru.
Alhasil, berolah karya seni akan selalu menuntut kreativitas,inovasi dan keseriusan disamping harus tetap tekun dan telaten berlatih. Teruskan perjuangan ini bagi pelukis kaca Cirebon, agar semakin banyak karya terlahir dari tangan-tangan kreatif seniman muda.

Salam Hangat.
Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "SEBUAH PERJUANGAN"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini