LUKISAN KACA LADANG DUNIAKU

Kamajaya Kamaratih

Terlalu sempit jika berpikir menjadi seniman lukis tidak tentu arah tujuan dalam hidupnya. Walaupun masih sedikit yang benar-benar telah meraih keberhasilan. Tetapi cukup banyak yang merasa tenteram menikmati hidup dari olah karya melukis. Salah satunya Lukisan Kaca Khas Cirebon telah menjadi banyak pilihan kaum muda untuk menggelutinya.
Kita ambil contoh yang paling mudah, mengambil keputusan untuk menggeluti Lukisan Kaca Khas Cirebon. Pertama memang ada satu keraguan ketika memulai usaha tersebut, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka dalam jangka waktu tidak terlalu lama kita dapat merasakan manfaatnya. Dengan satu syarat, seorang pelukis kaca harus memahami dan menguasai baik teknik maupun teori melukis diatas media kaca. Selanjutnya harus mulai belajar mengelola usaha dan keuangan baik secara sederhana maupun profesional. Saat ini untuk mencari informasi tentang hal tersebut ,sangat banyak ditemui di media cetak ataupun elektronik. Justeru yang paling utama adalah keseriusan dalam setiap pembelajaran. Jangan malu bertanya, jika perlu ikuti kelompok milis yang berhubungan dengan apa yang kita butuhkan. Atau sesekali membaca buku-buku tertentu yang banyak dijual di toko Buku. Semua bisa dicari, asal kita mau.
Ada yang sangat penting terkait dengan perkembangan dunia internet akhir-akhir ini. Dimana kita dihadapkan kepada dunia pemasaran online yang sangat luas jangkauannya (hampir tanpa batas), sehingga mewajibkan kita untuk ikut larut dalam dunia maya. Jika tidak demikian, maka mustahil karya kita dapat diketahui banyak orang.
Pengalaman saya selama ini, sejak berkecimpung dibunia usaha Lukisan Kaca Khas Cirebon. Selalu dan selalu berhubungan dengan internet, entah nempel di Iklan Baris gratis, atau nempel di Blog-blog gratis,atau di wordpress gratis, bahkan sudah mulai berani membuat Website sendiri (tentunya berbayar dan memanfaatkan tenaga ahli Web).
Nah sejak tahun 2006 (saat berdirinya Durian 19 Arts) hingga saat ini, sudah cukup banyak upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk Lukisan Kaca karya sendiri. Dari situlah kita mulai berani mengikuti pameran bersama para pengrajin lain yang dipelopori Disperindag dan Dekranasda setempat, mulai berani mempromosikan diri lewat media massa atau media elektronik. Dan kini saya memiliki website sendiri, beberapa blog dan wordpress, yang kesemuanya mempromosikan Lukisan Kaca.
Alhasil usaha tersebut makin sulit untuk ditinggalkan, karena disamping sebagai penyaluran hobby melukis justeru untuk mendapatkan penghasilan dengan kata lain LADANG DUNIAKU.
Bagaimana selanjutnya? saya hanya ingin mengajak teman-teman yang mempunyai hobby yang sama untuk terus berkiprah dalam olah karya seni, jangan pernah berpikir sempit terhadap karunia Tuhan melalui keterampilan yang dimiliki. Jika kita pahami bahwa rizki tak pernah jauh dari kedua tangan kita, selama kita mau menggalinya dengan kesungguhan hati. So, buat teman-teman semua, I love You Full .........ha ha haaaa

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "LUKISAN KACA LADANG DUNIAKU"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini