LUKISAN KACA SEMAR BANYAK DIGEMARI

Dalam berbagai kegiatan pameran produk Lukisan Kaca Cirebon selalu menampilkan desain Wayang yang diambil dari cerita Mahabrata. Salah satu tokoh wayang yang terkenal adalah SEMAR, yang ternyata produk lukisan kaca tersebut banyak yang menggemari,bahkan di Inacraft 2009 dibeli oleh pengunjung pameran dari Eropa dengan harga yang lumayan untuk ukuran cinderamata.
Apa sebenarnya yang istimewa dari Tokoh Semar tersebut ? ada baiknya kita lihat uraian suntingan wikipedia, sebagai berikut :
Keistimewaan Semar

Semar merupakan tokoh pewayangan ciptaan pujangga lokal. Meskipun statusnya hanya sebagai abdi, namun keluhurannya sejajar dengan Prabu Kresna dalam kisah Mahabharata. Jika dalam perang Baratayuda menurut versi aslinya, penasihat pihak Pandawa hanya Kresna seorang, maka dalam pewayangan, jumlahnya ditambah menjadi dua, dan yang satunya adalah Semar.

Semar dalam karya sastra hanya ditampilkan sebagai pengasuh keturunan Resi Manumanasa, terutama para Pandawa yang merupakan tokoh utama kisah Mahabharata. Namun dalam pementasan wayang yang bertemakan Ramayana, para dalang juga biasa menampilkan Semar sebagai pengasuh keluarga Sri Rama ataupun Sugriwa. Seolah-olah Semar selalu muncul dalam setiap pementasan wayang, tidak peduli apapun judul yang sedang dikisahkan.

Dalam pewayangan, Semar bertindak sebagai pengasuh golongan kesatria, sedangkan Togog sebagai pengasuh kaum raksasa. Dapat dipastikan anak asuh Semar selalu dapat mengalahkan anak asuh Togog. Hal ini sesungguhnya merupakan simbol belaka. Semar merupakan gambaran perpaduan rakyat kecil sekaligus dewa kahyangan. Jadi, apabila para pemerintah - yang disimbolkan sebagai kaum kesatria asuhan Semar - mendengarkan suara rakyat kecil yang bagaikan suara Tuhan, maka negara yang dipimpinnya pasti menjadi nagara yang unggul dan sentosa.
Demikianlah sedikit kisah nya ,dan tokoh Semar akan selalu menjadi objek dalam Lukisan Kaca Cirebon yang memiliki kespesifikan dan menarik untuk dimiliki.

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "LUKISAN KACA SEMAR BANYAK DIGEMARI"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini