PAMERAN JAWA BARAT EXPO 2007




Pameran Jawa Barat Expo 2007 telah diresmikan Wakil Gubernur Jawa Barat pada hari Rabu tanggal 01 Agustus 2007 bertempat di Graha Manggala Siliwangi Jalan Aceh No. 66 Bandung, dimana acara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gendang dan penguntingan rangkaian melati serta diramaikan oleh pagelaran Jaipongan dan Pencak Silat yang dihadiri oleh puluhan undangan dan 70-75 peserta pameran, dianggap sukses sebagai Ajang Promosi Produk Kerajinan Unggulan Jawa Barat.

Pameran JABEX 2007 merupakan agenda tahunan Pameran Tingkat Jawa Barat ke 5 yang banyak diikuti oleh peserta dari Kabupaten dan Kota se Jawa Barat dan beberapa perwakilan dari daerah lain diluar Jawa Barat, telah beberapa kali melakukan perpindahan lokasi pameran yang semula di PT. DI, kemudian pindah ke Pisset dan kini telah 2 kali di Graha Manggala Siliwangi Bandung. Perubahan lokasi tersebut disebabkan karena Bandung belum mempunyai tempat/lokasi khusus pameran yang memadai baik luas lahan maupun sarana dan prasarananya dibanding dengan Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Hal ini memacu keinginan Wakil Gubernur Jawa Barat untuk segera merencanakan Pembangunan Gedung Pameran yang memadai di Kota Bandung. Sehingga nantinya JABEX tidak hanya diikuti peserta se Jawa Barat, namun mungkin se Indonesia dan bahkan mungkin dapat mengundang Negara-negara tetangga dan mancanegara lainnya.

Perkembangan Produk Kerajinan di Jawa Barat cukup pesat, menuntut banyak akses promosi melalui event - event pameran yang dapat mengundang kehadiran Buyer, trader dan Usahawan dibidang perdagangan Kerajinan. Hal itulah yang menjadi tujuan utama PT. DEBINDO MULTISWATI yang menakhkodai JAWA BARAT EXPO, untuk memberikan peluang pemasaran produk kerajinan seluas-luasnya kepada Peserta Pameran dengan terus meningkatkan kwalitas penyelenggaraan pameran dimasa mendatang. Kerjasama yang baik antara Pemerintah Propinsi Jawa Barat dengan PT DEBINDO, sangat menentukan kelangsungan kegiatan pameran JABEX selanjutnya.

Pemerintah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat yang selama ini menjadi langganan peserta pameran JABEX, sangat mengharapkan peningkatan pelayanan dan penyelenggaran pameran yang lebih Profesional. JABEX dimasa mendatang harus mampu menghadirkan para Buyer, Trader dan Usahawan Bisnis Kerajinan yang sekiranya dapat bermitra dengan para pengrajin peserta pameran. Alangkah kecewanya para peserta pameran jika pada akhirnya mengikuti pameran yang sepi pengunjung, hal ini merupakan cambuk bagi PT DEBINDO untuk terus berupaya menciptakan pameran yang bergengsi dan mendapat perhatian penuh dari Buyer Mancanegara.

Walaupun demikian agenda tahunan ini masih bisa dimamfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota se jawa Barat, sebagai satu-satunya Event Pameran Tingkat Jawa Barat yang pantas diikuti. Karena sebagian besar Pemerintah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat telah merencanakannya dalam Anggaran masing-masing. Termasuk diantaranya adalah Pemerintah Kota Cirebon, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cirebon dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Cirebon sangat menyambut baik pelaksanaan pameran JAWA BARAT EXPO dari tahun ke tahun.Pada JABEX 2007 kali ini Pemerintah Kota Cirebon menampilkan berbagai Produk Kerajinan Unggulan Kota Cirebon termasuk Makanan Olahan Hasil lautnya, diantaranya Kerajinan Kapal Layar berbahan baku bambu, Kerajinan Lukisan Kaca, Kerajinan Topeng Cirebon, Kerajinan Batik Cirebon dan Kerajinan Cinderamata Ukiran Kayu. Semua produk kerajinan tersebut digelar selama 8 (delapan) hari, mendapat perhatian khusus Wakil Gubernur Jawa Barat terutama untuk Kerajinan Kapal Layar berbahan baku bambu. Beliau menyarankan kepada Kepala Disperindag Kota Cirebon agar terus membina dan mengembangkan kerajinan tersebut sehingga pada akhirnya mampu menembus Pasar Eksport.

Cirebon,

Penulis

Halimi ,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "PAMERAN JAWA BARAT EXPO 2007"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini