MEMBUAT HIASAN PINGGIR PADA LUKISAN KACA KALIGRAFI


Lukisan Kaca Kaligrafi akan lebih menarik jika diberi hiasan pinggir yang memuat berabagai ornamen baik gaya Timur Tengah maupun gaya Cirebon itu sendiri. Hiasan pinggir yang mengelilingi objek lukisan biasa kita lihat pada hiasan pinggir Kitab Al Qur'an, sebuah hiasan yang mempercantik setiap lebar atau halaman Al Qur'an. Memang ahli-ahli kaligrafi sangat mahir membuat ornamen-ornamen tersebut, bahkan boleh dibilang tidak tampak cantik sebuah kaligrafi tanpa hiasan yang melengkapinya. Seperti sudah menjadi kekhasan kaligrafer-kaligrafer manapun selalu menampilkan keindahan ornamen, baik sebagai pembatas yang ditempatkan dipinggiran yang mengelilingi objek ataupun yang ditempatkan pada sudut-sudut halaman.

Keindahan dan kehasan ornamen sebagai hiasan pinggir akan lebih memberikan aksen positif ketika diadopsi pada Lukisan Kaca Kaligrafi, hal ini akan mampu menggantikan bidang pembatas yang biasanya hanya diisi oleh polesan warna saja. Secara teknik tidak akan jauh berbeda dengan membuat objek lukisan kaligrafi lainnya, dalam pembuatan desain ornamen pembatas pinggiran akan banyak menuntut kita untuk lebih kreatif dan lebih teliti. Hal ini dikarenakan satu motif ornamen bisa disambung-sambungkan menjadi satu rangkaian ornamen dan ketika sampai dititik pertemuan sudut akan membutuhkan kreatifitas kita agar sambungan lebih pas dan tidak ada garis terputus.

Banyak cara membuat desain satuan ornamen dan banyak ragam bentuk hiasan yang bisa diambil,namun tetap memperhatikan ukuran ornamen tersebut sehingga ketika menyambung pada titik pertemuan sudut ukurannya akan pas. Jika masih ditemukan kesulitan dalam penyambungan dititik pertemuan sudut, kita bisa membuat ornamen lain yang ukurannya lebih besar atau lebih lebar disesuaikan dengan ukuran titik pertemuan sudut. Bentuk-bentuk ornamen yang umum seperti bentuk hati, bentuk S,bentuk ketupat dan lain-lain, sementara ornamen dengan gaya Cirebonan bisa memamfaatkan bentuk megamendung dan wadasan.

Hasil kreativitas kita membuat ornamen pinggiran lukisan kaca kaligrafi dapat diperindah dengan warna-warna yang harmonis, bahkan banyak yang menggunakan warna emas atau perak sebagai warna ornamennya. Ada banyak cara membuat perpaduan warna, namun harus diperhatikan agar warna tetap senada dengan warna objek lukisan kaca kaligrafinya. Sebagai contoh, jika objek lukisan menggunakan warna emas dengan background hitam pekat atau hijau pekat, maka sebaiknya ornamenpun mennggunakan warna emas atau warna kuning yang senada. Tetapi masih memungkinkan kita untuk lebih kreatif dengan menggunakan warna-warna kontras selama itu mampu menghadirkan keindahan.

Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan karya-karya Lukisan Kaca Kaligrafi.

Cirebon,
Penulis,

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "MEMBUAT HIASAN PINGGIR PADA LUKISAN KACA KALIGRAFI"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini