MEMBUAT EFFEK LANGIT PADA BACKGROUND LUKISAN KACA


Lukisan Kaca Cirebon yang menganut gaya modern akan menemukan suatu penggambaran langit yang bernuansa 3 dimensi, hal ini banyak dilakukan Pelukis Kaca Cirebon agar memberikan kesan yang indah dengan background gambar yang berwarna warni bak langit terkena sinar mentari disore hari.Seperti apa sebenarnya efek langit itu dibuat ? tentunya kita harus mengikuti langkah-langkah berikut :

· Lakukan pembuatan Lukisan Kaca seperti biasanya, dimana seluruh objek digambar dengan ragam hias, hanya pada bagian background dibiarkan terbuka tanpa diisi cat.

· Bagian terbuka sebagai background, diusahakan kaca tetap bersih tanpa noda cat yang menempel.Jika perlu bagian ini harus dibersihkan dari debu atau kotoran lain yang mengganggu kebeningan kaca.

· Mulailah kita menempelkan tali rapia yang melintang dari ujung kaca ke ujung kaca lainnya, buatkan jejeran tali rapia dari baris atas kebawah. Ujung tali rapia ditindih kayu agar tidak lepas ketika mendapat semprotan cat.

· Lakukan penyemprotan menyamping baik dari arah kiri atau kanan dengan semprotan yang lembut, lakukan dengan beberapa warna phyloc dan hasilnya pastikan sapuan tidak tebal alias harus nerawang.

· Biarkan kaca yang telah diberi efek langit agar kering, jangan sekali-kali diletakan pada panas matahari. Sebaiknya lakukan pengeringan dengan mengangin-anginkan ditempat teduh.

· Sekarang ambilah penutup lukisan (biasanya tripleks), lakukan pengecatan dengan cat tembok, buatlah tonjolan cat dengan sapuan kwas kasar.Sehingga permukaan tripleks nampak beralur-alur.

· Lakukan penyemprotan phyloc dengan semprotan perlahan-lahan dari arah bawah keatas dengan macam-macam warna phyloc yang saling bertumpuk. Semprotan ini akan memberikan efek gelap dibagian bawah dan terang dibagian atasnya, sepintas nampak indah dipandang.

· Lalu tempelkkan dibagian belakang Lukisan Kaca, pemasangan langsung menempel di bingkai, sehingga ada jarak antara kaca dan penutup.Jarak sekecil apapun cukup memberikan efek mengambang yang mendekati efek 3 dimensi.

· Pandanglah dari bagian depan kaca, perhatikan baik-baik background yang telah dibuat. Sangat indah menghiasi Lukisan Kaca sebagai objek utamanya, ibarat sebuah lukisan dengan latar langit berwarna warni. Sungguh menawan dan enak dipandang.

Nah.... barangkali teknik pembuatan efek langit cukup mudah bukan ? Jika anda menginginkan efek lain yang lebih dekoratif, harus melakukan serangkaian percobaan sebelum anda melakukan pada lukisan kaca sebenarnya. Kombinasi warna dapat dibuat dengan imajinasi sendiri, tergantung dari hasil yang bagaimana dan keinginan anda. Mau langit cerah, langit temaram atau langit yang redup, bisa anda lakukan dengan teknik-teknik seperti diatas.

Salam hangat,

Halimi,SE.MM/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "MEMBUAT EFFEK LANGIT PADA BACKGROUND LUKISAN KACA"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini