LUKISAN KACA BOUROQ LUKISAN KACA TERTUA ?

Konon menurut penuturan pengamat Lukisan kaca Cirebon Drs. Raffan Hasyim, salah satu lukisan kaca tertua yang dilukis diluar lingkungan keraton adalah Lukisan Kaca Bouroq. Berbentuk kepala seorang wanita dan berbadan kuda serta mempunyai sayap dengan hiasan kaligrafi. Dan itu dilukis pada abad ke 17, yang hingga saat ini masih banyak ditiru atau digandakan para pelukis kaca di Cirebon.
Demikian meyakinkan Drs.Raffan Hasyim ketika dikonfirmasi, bahwa kenyataaan dari bahan yang dipakai sangat berbeda dengan bahan cat yang digunakan sekarang, hampir semuanya memakai warna alami.
Saya sendiri belum melihat produk tersebut, tetapi menyimak kehadiran awal Lukisan Kaca Cirebon sangat relevan dengan masa-masa pengembangan Islam di Cirebon dan Jawa Barat. karena pada abad tersebut Zaman Para Wali yang secara terus menerus mengembangkan Islam di tanah Jawa ini untuk menyadarkan penduduk yang saat itu masih banyak yang beragama Hindu.
Perkembangan selanjutnya motif dan objek bouroq sendiri bukan hanya muncul menjadi bagian dari Lukisan Kaca bahkan Seni Bouroq (Baca Burok) adalah salah satu kesenian yang masih lestari di Cirebon. Kesenian Bouroq biasanya dipakai sebagai hiburan pada saat pawai (arak-arakan) mengiringi Pengantin Sunat yang hingga saat ini masih banyak ditemui di Cirebon dan sekitarnya.
Benar tidaknya cerita tersebut, barangkali masih banyak tokoh-tokoh seniman Cirebon yang lebih mengetahui kebenarannya, kita tunggu mereka yang memberikan komentarnya.
Believe or not, kharisma Lukisan Kaca Cirebon memang menghadirkan kepenasaran bagi mereka yang mempunyai kecintaan terhadap Produk Etnik Cirebon.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "LUKISAN KACA BOUROQ LUKISAN KACA TERTUA ?"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini