LUKISAN KACA MINI

Melukis kaca dalam ukuran mini merupakan terobosan baru dalam berkreasi dan berolahseni kerajinan Lukisan Kaca Cirebon. Hal ini berkat beberapa pemikiran yang menginginkan bentuk miniatur lukisan kaca sebagai produk cinderamata,yang menjadi titik perhatian justeru mengemas desain mungil agar nampak tetap menwan dan indah dipandang.
Pemikiran lain ketika banyak limbah kaca dijumpai di toko kaca yang kadang dibuang atau tidak termanfaatkan, akhirnya melalui pembuatan lukisan kaca miniatur tersebut limbah dapat dimanfaatkan sebagai bahan cinderamata baru.
Ukuran yang sangat pas untuk lukisan kaca mini, biasanya disesuaikan dengan ukuran foto postcard. Ukuran ini diyakini mampu mengangkat desain sesimple apapun,namun toh harus dipikirkan bagaimana pinggiran kaca dapat dibuat tidak rata. Dengan memanfaatkan alat gurinda,pinggiran kaca dibuat berlekuk atau bergerigi.
Bagaimana selanjutnya memindahkan gambar diatas kaca berukuran postcard ini ? sama halnya melukis diatas media kaca ukuran besar yakni dilukis secara terbali, namun kehati-hatian sangat diperlukan disini agar kontour tetap rapi. Desain dicari yang simple dengan meminimalisir hiasan background maupun hiasan pinggir,hal ini agar tetap terfokus pada desain utama. Bila motif wayang,maka sangat diutamakan untuk menonjolkan bagian kepala tanpa menggambar bagian lainnya. Kemudian jika motif yang diambil adalah kaligrafi,maka diutamakan lafadz pendek agar bisa mengisi ruang yang kecil.
Alhasil Lukisan kaca mini bisa dijadikan alternatif penciptaan produk baru lukisan kaca Cirebon, harga tentunya dapat terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Sepanjang kita mengemasnya dengan baik dan rapi, konsumen akan tetap menikmati keindahannya.
Sampai jumpa dalam tulisan berikutnya................Wassalam.

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "LUKISAN KACA MINI"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini