MASIHKAH PRODUK KERAJINAN BISA BERSAING?

Perjanjian Perdagangan Bebas Asean-China (Asia China Free Trade Agreement-ACFTA), harus disikapi dengan bijak. Karena pintu telah dibuka lebar, serbuan produk china akan banyak memenuhi pasar dalam negeri. Namun kita tetap harus punya sikap yang paling bijak, jika tidak demikian justeru mendorong kita untuk menjadi bagian dari stress bisnis. Seperti apa sebetulnya stress bisinis itu ? yang paling menonjol adalah meninggalkan usaha sendiri dengan produk sendiri beralih menjadi penjual produk orang. Nah jika sudah demikian, maka dipastikan produsen kerajinan produk etnik akan menemui titik kemandegan. Untuk itu bersikaplah bijak, persaingan boleh saja terjadi. Namun belum berarti seluruh produk sendiri akan terkikis habis oleh produk china. Apa yang harus kita lakukan jika kita merupakan bagian dari pengusaha kecil kerajinan etnik?
Yang pertama sekali adalah mengamati pangsa pasar yang masih memungkinkan untuk terus dipertahankan. Pangsa pasar kerajinan etnik sangat potensil dilingkungan daerah sendiri, karena pemahaman terhadap produk etnik biasanya akan sangat besar ditempat dimana produk tersebut dibuat. Pertahankan dengan melakukan peningkatan kualitas produk, promosi langsung kesasaran konsumen serta terus berupaya melakukan kontak langsung untuk mendapatkan keinginan konsumen.
Yang kedua adalah melakukan diversivikasi produk yang mengarah kepada produk yang berorientasi pasar. Sangat penting untuk mencoba menciptakan produk baru yang mengarah kepada produk fungsional, sehingga produk kerajinan kita akan menjadi produk pilihan konsumen.
Yang terakhir adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang latar belakang sejarah dari kerajinan yang kita buat. Buat ringkasan cerita tentang sejarah singkat produk tersebut, sebagai contoh buat sejarah singkat topeng cirebon untuk produk kerajinan Topeng dan begitu seterusnya untuk produk Lukisan Kaca. Ringkasan singkat cerita tersebut bisa ditempelkan dibagian belakang yang dapat dibaca oleh konsumen.
Ketiga opsi diatas, setidaknya akan membuat nilai lebih pada produk kerajinan etnik yang kita tawarkan ke konsumen. Jangan anggap remeh tentang peningkatan kualitas produk, karena hal ini dapat menjadikan konsumen menjadi kapok untuk membeli produk selnjutnya.
Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "MASIHKAH PRODUK KERAJINAN BISA BERSAING?"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini