Lukisan Kaca Cirebon masih punya prospek dikembangkan

Melihat perjalanan panjang kerajinan Lukisan Kaca Cirebon kita sudah memakluminya, hanya saja selama perjalanan itu kerajinan yang satu ini banyak menemukan kendala dalam pengembangan usahanya. Namun walaupun demikian toh kerajinan Lukisan Kaca Cirebon masih banyak dicari orang, entah untuk koleksi ataupun sekedar Cinderamata.
Sekedar menoleh kebelakang, tepatnya ketika masa boomingnya Lukisan Kaca Cirebon tahun delapan puluhan, saat itu sebuah Lukisa Kaca Karya Toto Sunu mampu meraih angka penjualan hingga puluhan juta rupiah. Kadang tidak masuk akal memang tetapi itulah kenyataannya Toto Sunu dapat menikmati hasil jerih payahnya. Kemudian munculah para pelukis muda yang ingin mengekor keberhasilan Toto Sunu, namun hal ini justeru membuat para penikmat karya lukisan kaca menjadi "keder". Beberapa hasil karya pelukis kaca muda banyak yang meniru desain dari Pelukis Kaca kesohor Toto Sunu, hasilnya memang mirip namun ukuran kaca yang lebih kecil. Kejadian seperti ini tidak membuat Toto Sunu berang, karena semakin ditiru maka kemampuan olahkarya beliau semakin membumbung jauh keatas.
Alhasil beberapa pelukis muda mulai berpikir untuk lepas dari jerat istilah "meniru", ada yang benar-benar mengembangkan desain sendiri dan ternyata punya banyak penggemar. Kemudian beberapa pelukis muda lainnya mencoba dengan beberapa ide dan desain baru, seperti lukisan kaca mini. Nampaknya memang memberikan nuansa baru dalam dunia lukisan kaca Cirebon, apalagi diikutsertakannya dalam event pameran maka lukisan kaca Cirebon mulai memberi angin segar dalam pengembangan berikutnya.
Bahkan mencampurkan ide penggabungan gaya klasik dan modern banyak dilakukan, motif mega mendung yang banyak menghiasi ruang banyak yang disesuaikan sekedar sebagai pemanis harmonisasi warna dan bentuk. Jadilah kini lukisan kaca Cirebon dengan bobot yang ringan dan hargapun semakin terjangkau oleh semua lapisan masyarakat konsumen. Hanya saja masalah desain harus terus dikembangkan bersamaan dengan teknik yang disempurnakan.
Bravo pelukis kaca muda.

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Lukisan Kaca Cirebon masih punya prospek dikembangkan"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini