Lukisan Kaca Kaligrafi potensial untuk dikembangkan

Kaligrafi

Seperti kita ketahui Lukisan Kaca Cirebon tidak hanya membuat objek Wayang dan Batikan saja, ada satu objek yang mempunyai prosfek dan potensial untuk dikembangkan adalah Kaligrafi Islami. Mengapa demikian ? disamping sebagian besar konsumen kita adalah beragama islam,tetapi juga kaligrafi islami lebih banyak gaya dan ornamen yang perlu dikembangkan dan dituangkan kedalam lukisan kaca. Ambil contoh mengenai ornamen-ornamen cantik yang menghiasi pinggiran Kaligrafi, ternyata bisa dibuat puluhan bahkan ratusan desain jika kita mau. Belum lagi gaya kaligrafinya yang sudah mempunyai patokan yang jelas. Semua itu menjadi bahan penciptaan desain untuk lukisan kaca kaligrafi yang akan kita garap.

Sebuah Kaligrafi dengan gaya tertentu dan telah menjadi patokan dan mengambil salah satu ayat yang mempunyai arti mendalam bagi Umat Islam,contohnya Ayat Kursyi, jika diberi hiasan ornamen-ornamen cantik yang mengelilingi bidang objek dengan paduan warna-warna lebut dan harmonis. Jangan kaget jika hasilnya menjadi sangat indah,menarik dan greget. Nuansa dekoratif spontanitas muncul ketika ornamen diterakan bertumpuk dan saling mengikat, membuat kita lebih asyik menuangkan paduan warna-warna yang harmonis. Belum lagi latar belakang ornamen dengan sapuan warna yang lembut, benar-benar sesuatu yang indah dipandang mata.

Jika kita mau, sebuah objek lukisan kaca yang berisi Ayat Kursyi, bisa dibuat beragam gaya dengan beragam ornamen dan hiasan serta beragam warna-warna menarik. Maka ketika konsumen melihat-lihat kreasi kita, konsumen akan dihadapkan kepada beragam pilihan, padahal objeknya sama. Itulah yang harus dikembangkan dalam lukisan kaca kaligrafi khas Cirebonan, kita tak boleh terpaku hanya dengan satu desain. Buatlah bermacam-macam dan beragam pilihan, sehingga konsumen merasa dimanjakan dengan berbagai pilihan.

Belum lagi jika kita menyiasatinya dengan pilihan bingkai lukisan yang menarik dan banyak ragamnya, hanya dengan teknik pengecatan yang beragam pula caranya. Jika ingin berwarna klasik tentunya lebih baik tidak dicat dengan warna menyala atau terang, warna pilihan coklat tua dan hitam yang terkesan dop. Jika ingin ada kreasi lain yang lebih menarik, buatlah teknik semprotan cat dengan memunculkan bintik-bintik yang menarik dengan warna yang berlawanan. Ada juga dengan mengoleskan benjolan-benjolan dipermukaan bingkai dengan bahan dempul, kemudian dipoles dengan warna lebih terang dari warna backgroundnya, hasilnya cukup indah.

Menyinggung masalah bingkai lukisan, bahan penunjang sebuah lukisan ini juga mempunyai andil yang sangat besar terhadap keindahan sebuah lukisan kaca. Secantik apapun objek lukisan kaca Kaligrafi yang kita buat, tanpa dipadukan dengan bingkai lukisan yang pas, maka lukisan kaca kaligrafi itupun belum sepenuhnya menarik minat konsumen. Dalam menampilkan lukisan kaca Kaligrafi agar nampak indah menawan, sebenarnya bisa saja dibuat bingkai sederhana tapi tetap memberikan nilai lebih. Contohnya kita menggunakan bingkai dari bahan papan berukuran lebar 10 - 20cm, dicat atau dipoles warna hitam dop, hasilnya tidak mengecewakan jika dibandingkan dengan bingkai produk pabrikan.

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Lukisan Kaca Kaligrafi potensial untuk dikembangkan"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini