JANGAN MUDAH PUTUS ASA DALAM BERKARYA

Aku dipesawat

Pepatah mengatakan Putus asa adalah dosa. Putus asa dalam bentuk apapun, merupakan sebuah jalan lebar menuju Dosa. Termasuk didalamnya dalam hal berkarya didunia Lukisan Kaca Cirebon, karena dengan keputus asaan kita tak akan lagi mampu melahirkan karya-karya baru dan berkualitas.

Bagaimana mungkin kita secara rutin melakukan aktivitas melukis, jika pikiran dan otak kita dipenuhi rasa putus asa, bahkan mungkin kita tak lagi melakukan aktivitas alias mogok melukis,malas berkarya dan emoh mencipta. Nah kira-kira bagaimana selanjutnya jika sudah demikian ? Yang pasti para pelukis tak lagi produktif, tak lagi aktif dan tak lagi kreatif, yang tinggal hanya seonggok nama.

Untuk itulah ada baiknya para pelukis kaca kita lebih banyak melakukan interaksi sesama pelukis kaca lainnya, jika memang suka dirumah dan punya seperangkat komputer dan jalur internet, lebih baik berselancar didunia maya melihat ragam dan jenis aktivitas Pelukis Dunia. Dari situlah rasa putus asa akan kembali lenyap bersama munculnya motivasi baru. Interaksi positif dengan dunia luar akan melahirkan ide-ide baru demi melihat perkembangan para pelukis lainnya.

Dunia Lukisan Kaca Cirebon takan selamanya muram dan takan selamanya cerah, semua akan berputar seperti roda kehidupan. namun dengan berbekal untuk tetap tidak pantang menyerah dan berputus asa, setidaknya semangat masih tetap menyala sambil memutar otak mencari celah-celah inovasi yang pada akhirnya tetap mampu berkarya dan menghasilkan lembaran rupiah.

Hidup dijaman ini memang sulit diprediksi, hampir sebagian besar orang-orang terlalu lama menelan keprihatinan. Bukan saja masalah politik tetapi maslah ekonomi masih terkatung-katung dalam krisi berkepanjangan. Kita semua tahu krisis itu kini melanda harga-harga sembilan bahan pokok yang makin memperlebar jurang kemiskinan, lalu bagaimana dengan nasib para pelukis kaca yang bergantung kepada posisi perekonomian masyarakat yang membaik ? Tak ada jalan lain, pelukis kaca harus mampu membuat terobosan Diversifikasi Produk. Bagaimana caranya ? Pelukis Kaca harus mampu berkreasi lebih keras lagi, rasa putus asa harus dibuang jauh, lakukan manuver untuk kreasi pada produk fungsional.

Produk Fungsional merupakan salah satu bentuk diversifikasi produjk, artinya buatlah produk Lukisan Kaca tidak hanya sebagai produk hiasan dinding saja yang cukup dibingkai dan hanya bisa dilihat. Cobalah kini membuat desain Lukisan Kaca yang berfungsi sebagai Alat Bercermin, Lampu Penerang Ruangan, Pengganti Kaca Jendela atau Kaca Penutup Sungkup Rumah. Bahkan kalau perlu Lukisan Kaca yang berfungsi sebagai meja tamu atau penutup sekat ruangan.

Semua bisa dibuat dan dikerjakan menjadi produk fungsional, namun tentunya harus disiasati modal usaha yang akan membengkak. Lagi-lagi keputus asaan kita harus dibuang jauh-jauh, dengan cara melakukan presentasi dan promosi dengan pengusaha meubelair atau pengusaha alat rumah tangga atau pengusaha properti. Jika sudah menjadi milik kita untuk bermitra dengan slah satu pengusaha mampu tersebut, kita bisa menjalankan kegiatan diversifikasi produk tadi yang memproduksi produk-produk fungsional yang berbasis Lukisan Kaca. Jika memang kita mampu secara teknis akan menghasilkan produk fungsional baru yang eksklusif dan benar-benar tidak ada duanya. Jalan kesuksesan akan terbentang luas dihadapan kita. Dan Allah SWT tidak akan pernah membiarkan hambanya tetap dalam keadaan yang sempit selama kit tetap berusaha dan berupaya, maka rejeki itupun akan Allah berikan disuatu saat yang tak pernah kita bayangkan. Insya Allah.

Cirebon,

Penulis,

Halimi,SE,MM/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "JANGAN MUDAH PUTUS ASA DALAM BERKARYA"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini