KEMBALI KE MOTIF TRADISIONAL ADALAH JALAN TERBAIK

Aku

Barangkali saatnya kini Pelukis Kaca Cirebon kembali melirik objek lukisan kaca ke motif tradisional yang boleh dibilang tidak pernah membosankan. Kekuatan motif tradisional dalam Lukisan Kaca Cirebon terletak dari paduan gradasi warna-warna soft, garis yang menjadi kontour tidak lagi berwarna gelap atau hitam , tetapi memiliki warna putih tegas. Desain dan objek lukisan yang memiliki tradisi bidang datar, konsep-konsep desain dari bentuk yang bernuansa klasik serta pemilihan objek yang lebih berat ke landscape, seperti bangunan rumah,gapura,pohon dan hamparan rumput serta bebatuan. Motif Batik Megamendungan dan Wadasan yang tetap menjadi kekuatan dan kekhasan setiap produk lukisan kaca Cirebon.

Pemikiran seperti diatas lebih dikuatkan oleh pengalaman pada setiap gelar produk melalui event pameran, motif tradisional lebih banyak diminati. Jadi seyogyanya para pelukis kaca kita yang mengembangkan usaha cinderamata khas Cirebon jangalah sungkan untuk mengangkat kembali objek dan desain dengan motif tradisional.

Seperti apa yang harus dilakukan Pelukis Kaca dalam menuangkan ide kedalam objek lukisan kacanya ? Cobalah simak uraian dibawah ini.

  1. Pelajari kembali teknik memindahkan desain ke media kaca dengan menggunakan mata pena (bukan rapido) dengan warna putih (bukan warna hitam).
  2. Pelajari kembali teknik membuat ornamen batikan yang menjadi ciri khas lukisan kaca gaya tradisonal lengkap dengan harmonisasi warna kearah warna sogan (Coklat atau kecoklatan).
  3. Pelajari kembali teknik tembokan, yakni cara menutup background gambar dengan sapuan cat dengan warna-warna terang.
  4. Pelajari kembali teknik menetapkan fokus objek gambar dengan gaya tradisional yang tidak mengenal perspektif (bisa mempelajari dari gambar-gambar batik cirebonan).
  5. Mengubah ornamen modern menjadi ornamen klasik yang tetap menjadi ciri khas batikan.
  6. Memberi aksen pigura baik bentuk dan polesan warna kearah gaya tradisional.
  7. Berilah sedikit uraian tentang objek yang dibuat dikaitkan dengan sejarah dan budaya Cirebon, kemudian ditempelkan dibagian belakang gambar.

Tidak terlalu sulit kalau kita sendiri mau merubah minat membuat gaya lukisan kaca tradisonal selama kita mau mencoba dan mencoba terus, yang patut diperhatikan ketika kita menggunakan mata pena. Hal ini yang harus terus dipelajari, asal sabar dan tekun semuanya bisa dilakukan dengan hasil yang baik. Makin sering mengasah kemampuan kita, makin banyak manfaat yang kita dapatkan dengan menggunakan mata pena ketimbang rapido. Garis kontour yang kita buat bisa beragam warna dan jika digunakan sebagai arsiran, maka akan menghasilkan gambar dengan warna-warna lembut memukau. Sebuah gambar lukisan kaca yang benar-benar mirip lukisan batik berwarna lembut, indah dan enak dipandang. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pembeli (konsumen).

Nah kini tinggal kita mau mencoba dengan inovasi baru atau tetap pada pola sebelumnya, semua akan memberi dampak yang berbeda. Karena kita menyadari benar pihak pembeli (konsumen) merupakan target yang harus dicapai dengan memberikan kepuasan ketika mereka berniat membeli produk kita. Konsumen memang beragam, ada yang senang terhadap gaya modern ada yang suka terhadap gaya tradisonal bahkan ada yang menyenangi perpaduan keduanya. Hal ini yang harus kita kuasai dan pahami sehingga ketika salh satu mereka membutuhkan produk lukisan kaca yang diinginkannya,maka kita mampu memberikan beberapa pilihan. Dan akhirnya karena pilihan mereka ada maka tentunya penawaranpun muncul hingga transaksi terjadi. Simple bukan ?

Sekali lagi, saya katakan bahwa konsumen raja, semua keinginan mereka harus mampu kita tawarkan melalui kreasi produk-produk kita. Jangan biarkan kesempatan baik lepas begitu saja, ajaklah konsumen untuk lebih tertarik pada produk yang kita jual. Tapi jangan berikan yang benar dan dapat meyakinkan konsumen. Jadikan mereka pelanggan yang bisa berulangkali datang ketempat kita.

Cirebon,

Penulis

Halimi,SE,MM.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "KEMBALI KE MOTIF TRADISIONAL ADALAH JALAN TERBAIK"

Posting Komentar

Beri komentar pada blog ini